Rabu, 26 November 2014

Biji Tiada, Buah Hanya Bualan


Tapi bagaimana bisa pohon pisang tumbuh menyebar di hutan, tidak mungkin kera yang menanam tunasnya. Pastilah biji dari pisang yang lolos dari sistem pencernaan kera dan keluar lewat feses(eek) mereka. Jadi tidak ada biji yang tidak bisa tumbuh walaupun itu biji pisang.
Berhubung saya kelas 3 SMA (Baca: Capek) jadi contoh yang saya berikan tidak jauh dari UN (Ujian Nasional). Lulus dalam UN (yang diumpamakan sebagai daging buah) bukan menjadi tujuannya, tapi yang telah dialami selama 3 tahun itulah yang terpenting (diumpamakan sebagai biji). Bukan kenangan saat UN, tapi kenangan selama 3 tahun masa SMA yang menjadi kenangan tidak terlupakan. (tapi jika tidak lulus UN, yang manis berubah menjadi pahit)
Biji secara umum terbagi menjadi 3 yaitu: Embrio sebagai inti lalu cadangan makanan dan kulit biji yang melindungi bagian dalam biji tersebut. Embrio diibaratkan sebagai ilmu, lalu cadangan makanan adalah proses selam 3 tahun masa SMA, sedangkan kulit biji adalah kebersamaan, persahabatan, kisah kasih, kisah suka maupun duka yang akan menjaga, mengawasi, menyadarkan, menyegarkan saat lalai atau bosan pada saat menjalankan proses tersebut.(maaf terlalu dramatis)
Intinya bukan buah yang bisa tumbuh, tapi biji yang akan tumbuh besar menjulang dan berbuah.

0 komentar:

Posting Komentar